Captain Harlock

Captain Harlock

Senin, 11 Januari 2016

Penulisan: Latar Belakang Sumpah Pemuda

SUMPAH PEMUDA DI ERA MODERN

Berbicara mengenai Sumpah Pemuda, masing-masing individu memiliki keyakinan dan caranya tersendiri dalam memperingati hari bersejarah tersebut. Banyak pemuda yang ikut dalam pelaksanaan sumpah pemuda salah satunya pemuda zaman sekarang memanfaatkan gadget yang mereka miliki dan ikut tren di social media seolah-olah tidak ingin kalah dengan teman-teman sebaya yang juag ikut merayakan sekaligus mengenenag hari bersejarah tersebut, namun dibalik peristiwa tersebut, pemuda tidak lagi mengetahui latar belakang di balik sumpah pemuda, bahkan beberapa diantaranya mungkin hanya menganggap ini hanya moment tahunan yang biasanya dijadiakan ajang hiburan tanpa tahu bunyi dari teks sumpah pemuda itu sendiri.
Terdengar miris, seharusnya pemuda lebih bisa medapat makna lebih dalam terlebih mencari informasi seputar sumpah pemuda diera modern karena mudahnya mencari informasi tersebut. Mengometari peristiwa tersebut justru terkesan anarkis, namun tidak semua pemuda menjadikan hari bersejarah tersebut sebagai ajang moment tahunan saja, beberapa diantaranya da juga yang masih memiliki jiwa nasionalisme yang kuat sehingga menyambut dengan antusias.

Sebenarnya ada banyak cara yang bias pemuda lakukan untuk menyambut moment seperti ini contohnya dengan berkreasi, suarakan apa yang menjadi keingan positif pemuda dengan karya, entah dalam music, idea atau gagaasan bias juga dengan keahlian lainnya selagi itu masih menjadi konteks menyambut sumpah pemuda. Mengajak teman dan orang disekelilingnya untuk lebih tau makna sumpah pemuda.

0 komentar:

Posting Komentar